5 Cara Perbaiki IMEI Hilang (INVALID) Di Android Setelah Flashing

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

5 Cara Perbaiki IMEI Hilang (INVALID) Di Android Setelah Flashing

Jumat, 12 Mei 2017

Di dalam sebuah Android itu, terdapat yang namanya IMEI. IMEI merupakan sebuah 'nomor identitas' pada smartphone. IMEI ini bisa di cek di body HP dan juga bisa di cek lewat kode dial tertentu.

Pada beberapa handphone, terutama HP dengan chipset mediatek (MTK), banyak sekali, kasus dimana setelah flashing, nomor IMEI yang dimiliki smartphone jadi hilang atau invalid.

Saat IMEI invalid, akan muncul kerusakan-kerusakan tertentu. Salah satunya sinyal yang hilang (no signal).

IMEI LOST

Tentu saja ini sangat merepotkan. Apalagi fungsi utama HP itu kebanyakan untuk hal-hal yang berhubungan jaringan, seperti SMS, nelpon atau internet.

Saya sendiri dulu pernah pakai HP Lenovo bertipe A369i berchipset mediatek. Kalau tidak salah saya waktu itu melakukan install custom ROM atau Flashing, yang setelah diinstall ternyata IMEI hp saya invalid.

Nah, kejadian IMEI invalid ini bukan cuma saya saja. Tapi banyak sekali pengguna dengan tipe yang sama dengan HP saya yang memiliki masalah IMEI invalid ini.

Selain saya yang memakai HP lenovo, invalid IMEI ini juga biasa terjadi di merk HP dengan tipe yang memakai chipset MTK lainnya. Seperti Smartfren Andromax, Evercoss, Oppo, Samsung, dan lainnya.

Untuk sobat yang punya masalah sama.. Jangan panik dulu, coba lakukan tips-tips berikut untuk memperbaiki IMEI yang hilang atau invalid. Cara-cara ini saya dapat dari sesama pengguna HP yang pernah mengalami IMEI hilang.

Persiapan..

Sebelum lanjut, pertama sobat harus mencatat IMEI yang ada di HP. IMEI ini nanti akan dibutuhkan untuk beberapa metode dibawah. Cara ceknya:

Coba lihat di bagian belakang body handphone. Kalau ada baterainya, cabut dulu baterainya terlebih dahulu. Letak IMEI, ada disitu.

Kedua, silakan root smartphone sobat terlebih dahulu. Karena hampir semua step dibawah harus menggunakan akses root.


Langsung saja, Cara Perbaiki IMEI Hilang (INVALID) Di Android:

1. Memakai Aplikasi 'CHAMELEPHON'

CHAMELEPON


CHAMELEPHON adalah aplikasi khusus yang bisa membantu sobat yang IMEInya invalid atau hilang. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 1 juta unduhan ini memiliki respon positif dari para user Android yang memiliki masalah invalid IMEI.

Cara pakainya, download dulu aplikasinya di playstore. Kemudian, masukkan IMEI yang tadi sudah dicatat.

Kalau sudah, tinggal di klik apply new IMEI.

2. Melalui MTK Engineering


Metode MTK Enginering adalah metode yang paling banyak dilakukan untuk restore IMEI invalid. Caranya ada metode, yaitu:
  • Buka Mode MTK Engineering, caranya >> Buka Phone lalu dial : *#*#3646633#*#*
  • Kalau sudah masuk di MTK Engineering, pilih Connectivity
  • Lanjut, pilih CDS Information
  • Kemudian, pilih Radio Information
  • Lalu pilih di SIM 1 atau Phone 1, nanti akan muncul AT+.
  • Masukkan IMEI seperti ini: AT+EMGR=1,7,"Masukkan IMEI sobat disini".
  • Kalau sudah, klik Send AT Command.
  • Ulangi lagi stepnya dengan cara yang sama pada SIM 2 atau Phone 2.

Ingat, pada tiap HP kadang ada sedikit perbedaan step pada poin diatas. Tapi intinya tetap sama, yaitu memasukkan IMEI lewat MTK Engineering.

3. Restore IMEI lewat terminal Emulator

Terminal emulator, merupakan sebuah program yang fungsinya mirip dengan CMD (Command Prompt) pada Windows. Lewat terminal emulator, kita bisa memasukkan berbagai perintah untuk melakukan berbagai hal. Seperti mengecek ping koneksi, dan tentu saja untuk merestore IMEI.

Restore IMEI pada terminal emulator, metodenya sama dengan poin nomor 2, hanya saja relatif lebih mudah.

Caranya:

  • Download dulu aplikasi terminal emulator di playstore

Kalau IMEI belum balik...


4 Cara diatas adalah cara universal yang bisa digunakan hampir di seluruh jenis dan tipe HP MTK. Kalau misalnya belum jalan, maka sobat harus menggunakan cara lainnya, yang tidak bisa saya bahas disini (Karena tulisan ini ditujukan untuk semua tipe).

Contohnya, di HH smartfren Andromax, bisa menggunakan modul XPOSED (Phone ID changer). Atau memakai IMEI retreiver di HH lenovo A369i yang saya pakai dulu.

Kalau belum bisa, saya bisa menyarankan untuk mencari grup atau forum internet, entah itu grup facebook, grup chat atau apapun yang membahas tipe HP yang sobat gunakan, kemudian tanyakan disana.

Lewat grup, sobat bisa bertanya masalah dengan sesama pengguna HP yang dipakai

Penutup...


IMEI yang hilang memang bikin repot. Sinyal android jadi hilang, sehingga HP tidak bisa menerima telfon maupun SMS.

Belum lagi cara perbaikannya yang kalau sulit berhasil, akan memakan waktu yang cukup lama.

Kalau IMEI sudah kembali, harap lakukan backup IMEI lewat aplikasi-aplikasi khusus. Seperti mobile uncle tools. Dengan aplikasi backup IMEI, saat IMEI invalid, IMEI bisa langsung dikembalikan tanpa ada masalah sedikitpun (Pengalaman pribadi).

Selain lewat aplikasi, IMEI juga bisa dibackup lewat recovery, seperti TWRP.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.