PC modding hobi paling anti mainstream

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

PC modding hobi paling anti mainstream

Senin, 19 Juni 2017

Sudah sangat sering ya, mendengar istilah modif motor atau mobil.. yaa bisa dibilang sudah terlalu mainstream haha. Nah pernahkah sobat mendengar tentang yang namanya PC modding?

Mod = Modifikasi. ya, artinya modifikasi PC sob!

mod pc

Artikel wajib baca!



Sebenarnya mod PC sudah jadi hal umum di kalangan pengguna PC.

Tapi yang sering saya lihat, biasanya ada pada kalangan orang-orang yang memiliki spek lumayan sampai yang tinggi, seperti gamer,overclocker dan sebagainya walau tidak semua.

Pengalaman PC modding

Saya sendiri masih sangat baru saat mengenal istilah "modding PC". Waktu itu sekitar tahun 2012 atau tahun 2013 ketika saya baru build PC. (sebelumnya masih pakai laptop).

Tidak sengaja saya menemukan sebuah thread di kaskus yang bernama PC Modding Only.


Karena spek saya standar-standar saja. pakai casing juga standar saja, pertama kali melihat modding PC.

Saya langsung jadi terkagum-kagum melihat kreatifitas dari member-member PCM disana.

Saya penasaran langsung saja mencoba, dulu saya belum berani membuka-buka part-part PC (takut rusak), jadi hanya sekedar mengecat ulang dengan cat semprot dan mod sejenisnya.

Waktu itu saya pakai casing simbada, Hasilnya? sayang gagal. Dan sayangnya lagi fotonya sudah hilang karena kadaluarsa di penyimpanan foto internet, jadi tidak bisa saya tunjukkan.

Beberapa bulan kemudian, saya upgrade part PSU, menambah harddisk dan mengganti Casing, Yaitu casing armageddon nanotron t1x.

Sewaktu pertama kali saya beli casenya, hanya tersedia stok warna hitam.

Jadi saya repaint ke warna putih, dan menambah beberapa sticker, membuat psu cover (masih setengah jadi) dan membuat sidepanel full akrilik. Ini hasilnya:

Modif PC

Ini rig saya tahun 2014 yang lalu, Malu sebenarnya untuk menampilkan ini, Masih jauh dari kata bagus dan rapih, Tapi biarlah.. untuk cari pengalaman.

Tapi jangan kecewa dulu, itu hanya hasil dari seorang pemula seperti saya, bagaimana dengan seorang pro?

hasilnya sangat memukau sob!

ini contohnya, Rig karya seorang modder indonesia, namanya abdi juryan. Beliau membuat Casing PC portable dengan tema Naga hitam dan putih, namanya Dragon Army.

Langsung saja, atas ijin beliau saya tampilkan dibawah ini: [awas racun]

Dragon army

  • Nama RIG : Dragon Army Author : Abiyan92

Keren bukan? Saya sendiri juga ingin casing seperti itu, tapi sayangnya sekarang masih hanya sebatas mimpi.

Untuk sobat yang penasaran cara buatnya, Beliau sudah membuat worklognya di forum msi, silakan klik disini.

Untuk sobat yang juga tertarik dengan dunia PC modding, tidak perlu memulai dengan detail seperti Dragon army diatas.

tidak ada salahnya untuk memulai dari yang simple-simple dahulu seperti membuat bagian-bagian seperti berikut:

1. Modding Sidepanel PC


Tidak begitu banyak casing PC yang memberi fitur sidepanel tembus pandang, sobat bisa mengakalinya sendiri dengan memasang akrilik (kaca seperti plastik) pada sidepanel sobat.

Sobat harus memotong dahulu sidepanel case sobat sesuai yang sobat inginkan, Untuk memotongnya, bisa motong sendiri atau bawa ke tukang las yang punya grinder

akrilik sendiri bisa dibeli di tukang plat nomor di pinggir jalan. Waktu itu kalau tidak salah saya beli yang ukuran 33x34 sentimeter. Setelah keliling-keliling, kebanyakan pedagan memberi harga 70 ribuan keatas.

Tapi beruntung, saya dapat pedagang yang memberi harga yang relatif murah di daerah saya. saya beli 40 ribuan.

2. PSU Cover

Yang kedua psu cover, bagian ini fungsinya sebagai penutup supaya tempat pada PSU terlihat lebih rapih.

Sobat bisa membuatnya dengan kardus, atau bahan-bahan yang teksturnya kaku.

Contoh bahan yang sering dipakai adalah akrilik..

3. Repaint casing


Mengecat ulang casing PC bisa menggunakan Cat semprot, atau bagusnya kompresor. Tapi sayangnya modding pada bagian ini lumayan sulit.

Karena jika sobat mau mengecat ulang total case sobat, otomatis harus bongkar PC, dan lagi kita juga harus punya ilmu tentang cat mengecat kalau mau hasilnya bagus.

4. Repaint FAN PC


Alternatif kalau ga mau mengecat casing, minimal sobat repaint saja fan sobat.

Caranya hanya tinggal membuka blade kipas dengan membuka pengunci karet pada kipas dengan benda kecil seperti obeng, lalu cat bladenya.

Atau bisa juga cat seluruhnya.

5. Buat sleeve kabel


Saya sering melihat hasilnya yang memang kabel-kabel jadi terlihat lebih rapih dan menambah estetika dari PC tersebut.

Sleeve kabel ada 2 macam, yaitu custom sleeve (Kabel psu yang di bongkar) serta cable extension.

Sayangnya saya belum pernah mencobanya.

6. Menambah penerangan


Nah yang paling penting, casing yang tidak ada penerangan kebanyakan kesannya suram dan kurang menarik.

Sobat bisa memasang beberapa Fan casing berlampu untuk mengatasinya, atau bisa juga sobat bisa memakai LED Flexibel (Led strip).

Teman saya bilang, untuk membelinya di bengkel mobil atau motor (katanya mahal) atau belinya di toko elektronik. Waktu itu saya beli dengan panjang kurang lebih 1 meter, harganya sekitar 20 ribuan.

Untuk voltase LED strip, ini biasanya 12volt. Sobat hanya perlu mencari fan bekas, lalu cabut kabel molexnya, terakhir, solder langsung ke LED stripnya.

Sekian, bagaimana? Tertarik dengan PC modding?

Sebenarnya, masih sangat banyak yang bisa dilakukan untuk memodif PC, sayangnya saya tidak bisa membuat secara detail. Karena artikel ini bisa jadi sangat panjang (capek sob).

Silakan sobat kunjungi Thread PCM di atas untuk worklog yang lebih lengkap.

Terima kasih sudah berkunjung sobat.